Hipertensi The Sillent Killers

Hipertensi atau lebih dikenal masyarakat sebagai “tekanan darah tinggi” masih menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Beberapa gejala hipertensi adalah pasien yang mengalami sakit kepala, pusing dan kelelahan. Namun, gejala ini sering diabaikan oleh sebagian orang karena hanya dianggap karena kelelahan.

Dengan demikian, dari gejala yang terjadi dan akibat tidak dirawat atau kurang penanganan, dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke, gagal jantung hingga kematian. Karena hipertensi tidak dapat dengan mudah diidentifikasi, lebih baik memiliki pemeriksaan tekanan darah setidaknya setahun sekali untuk mendeteksi penyakit lebih awal.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penelitian berulang mengatakan bahwa seseorang hipertensi ketika mengukur tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan / atau tekanan darah diastolik ≥90 mmHg. Penyebab hipertensi dikelompokkan menjadi 2 jenis, yaitu Pimer Hipertensi, dengan sekitar 90% kasus hipertensi menjadi hipertensi primer.

penyebabnya tidak diketahui (idiopatik), meskipun dikaitkan dengan kombinasi faktor gaya hidup seperti kurang olahraga dan pola makan. Sedangkan hipertensi sekunder, hipertensi dapat diidentifikasi. Penyebabnya adalah penyakit ginjal pada sekitar 5-10% penderita hipertensi. Sekitar 1-2% penyebabnya adalah kelainan hormon atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Selain itu, ada jenis hipertensi lain, yaitu hipertensi paru dan hipertensi selama kehamilan. Hipertensi paru ditandai dengan peningkatan tekanan darah di paru-paru, yang menyebabkan sesak napas, pusing dan pingsan selama beraktivitas.

Sedangkan hipertensi selama kehamilan, yaitu hipertensi yang muncul selama kehamilan sebelum pasien tidak didiagnosis menderita hipertensi. Penyebab hipertensi selama kehamilan tidak jelas. Ada yang bilang itu disebabkan oleh pembuluh darah yang tidak normal, ada yang bilang itu karena faktor gizi, tetapi ada yang bilang itu disebabkan oleh faktor keturunan, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *