Otomotif

Kupas Tuntas tentang Oli Sepeda Motor

Bagi pemilik sepeda motor, sepertinya rutinitas mengganti oli bukanlah hal yang asing. Padahal mengganti oli terkadang dianggap mudah dan murah perawatannya ya bro, harus juga tahu soal oli! Mengapa? Karena selain membutuhkan bahan bakar, motor juga membutuhkan pelumasan mesin yaitu oli sebagai pelumas mesin yang penting untuk performa kendaraan seperti halnya Trijaya Part Motor yang menyediakan Oli berkualitas original. Mengetahui hal itu saja tidak cukup, pengendara sepeda motor juga memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan oli mesin agar kendaraannya awet. Hal penting apa yang perlu Bro ketahui tentang oli? Simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi oli dasar

Oli adalah salah satu kunci untuk menjaga mesin tetap sehat. Cairan pelumas akan memelihara dan melumasi komponen mesin agar tetap bekerja pada kinerja puncaknya. Oli memiliki empat fungsi penting yang berperan dalam mesin kendaraan. Pertama, oli berfungsi untuk melumasi setiap komponen mesin yang bergerak dengan membentuk lapisan film. Oleh karena itu, oli melindungi mesin dari kerusakan dan keausan.

Kedua, oli berfungsi untuk mendinginkan komponen mesin dengan “mengalirkan panas” dalam sirkulasi oli ke seluruh bagian mesin. Oleh karena itu, panas tidak terkonsentrasi pada satu titik dan menyebabkan mesin mengalami panas berlebih. Ketiga, minyak berperan sebagai pembersih, baik dengan membersihkan mesin maupun mencegah terbentuknya tumpukan kotoran. Makanya, juragan, oli perlu diganti berkala. Terakhir, oli juga bertindak sebagai deflektor atau sealant, untuk mengurangi hilangnya gaya akibat hilangnya kompresi melalui ruang piston dan silinder.

Jenis Oli

Benar, saudara. Minyak juga memiliki beberapa jenis yang harus Anda waspadai. Berdasarkan bahan dasarnya, minyak bumi dibedakan menjadi beberapa jenis. Pertama, oli mineral memiliki keunggulan lebih tahan terhadap penguapan, tetapi tidak tahan terhadap suhu tinggi karena viskositasnya yang mudah berubah. Kedua, oli sintetis memiliki viskositas berlebih yang lebih stabil tetapi umumnya lebih mudah menguap. Jika Anda memiliki sepeda motor lawas, lebih tepat menggunakan oli sintetis karena sepeda motor lawas biasanya memiliki permainan mesin yang lebih lambat. Ketiga, oli semi sintetik yang lebih cocok digunakan pada sepeda motor generasi terbaru. Terakhir, oli sintetis penuh ideal untuk sepeda motor performa tinggi, seperti sepeda motor reli dan sepeda motor sport.

Sedangkan jika dilihat dari fungsinya, oli dibedakan menjadi oli motor, oli rem dan oli penunjang. Oli mesin adalah cairan yang diisikan ke dalam mesin yang disalurkan ke seluruh komponen mesin oleh pompa oli. Sedangkan minyak rem merupakan minyak rem yang khusus berfungsi sebagai pelumas dan perantara yang menyuplai energi hidrolik ke seluruh sistem rem. Untuk oli penunjang, perannya sama pentingnya dengan oli mesin pada sepeda motor matik. Namun karena frekuensi penggantian, oli mesin tidak berubah sesering oli mesin.

Waktu yang tepat untuk mengganti oli

Mengganti oli mesin merupakan salah satu bentuk perawatan mesin yang penting agar selalu dalam kondisi terbaiknya. Nah, waktu yang tepat untuk penggantian oli mesin sebenarnya tertera di panduan dengan menghitung per kilometer atau mungkin dari periode penggantian oli sebelumnya. Namun terlepas dari kedua hal tersebut, jika Anda menggunakan sepeda motor dengan waktu penerbangan yang tinggi, sebaiknya mengacu pada kilometer sepeda motor untuk informasi penggantian oli, atau bisa menggunakan jasa Paket Bengkel Motor dari Trijaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *