Pengertian Katup Aorta Secara Medis

Apa pengertian katup aorta? Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari pahami lebih dulu tentang cara kerja jantung Anda. Jantung memiliki 4 katup yang berfungsi sebagai gerbang antara rongga jantung dan arteri. Katup jantung terdiri dari mitral, aorta, trikuspid dan paru. Dan katup aorta beroperasi sebagai pintu antara ventrikel kiri dan aorta yang merupakan arteri utama organisme.

Katup aorta bertanggung jawab untuk mendistribusikan darah beroksigen ke semua organ tubuh. Namun, pintu ini hanya berfungsi satu arah: terbuka untuk mengeluarkan darah yang dipompa oleh jantung dan segera menutup setelahnya agar darah tidak kembali ke ventrikel kiri. Dengan cara ini, ventrikel akan kosong setelah setiap kontraksi, dan siap menerima darah dari denyut berikutnya.

Pengertian Katup Aorta yang Tidak Sehat

Setiap katup memiliki sirip (selebaran) yang membuka dan menutup sekali untuk setiap detak jantung. Terkadang, katup tidak membuka atau menutup dengan benar, yang mengganggu aliran darah melalui jantung dan dapat mempengaruhi kemampuan memompa darah ke tubuh. 

Penyakit katup aorta adalah suatu kondisi di mana katup antara ruang pompa utama jantung Anda (ventrikel kiri) dan arteri utama tubuh Anda (aorta) tidak berfungsi dengan baik. Penyakit katup aorta bisa karena kelainan jantung bawaan, atau disebabkan hal-hal lain. Jenis penyakit katup aorta meliputi:

  • Stenosis Katup Aorta

Dalam kondisi ini, flap (cusps) dari katup aorta dapat menjadi menebal dan kaku, atau keduanya dapat menyatu. Hal ini menyebabkan penyempitan lubang katup aorta. Katup yang tidak dapat membuka sepenuhnya akan mengurangi atau menghalangi aliran darah dari jantung ke aorta Anda dan seluruh tubuh. Dalam dunia medis, keadaan abnormal ini disebut stenosis aorta.

Ketika katup aorta menyempit, ventrikel kiri jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui katup. Untuk melakukan pekerjaan ekstra ini, otot-otot di dinding ventrikel menjadi lebih tebal dan menyebabkan nyeri dada. Stenosis aorta yang parah dapat membatasi jumlah darah yang akan dialirkan ke otak dan seluruh tubuh. Otak yang tidak teraliri darah akan mengalami kematian otak.

  • Regurgitasi Katup Aorta

Pengertian katup aorta regurgitasi adalah katup aorta tidak menutup dengan benar. Dan menyebabkan sejumlah darah merembes ke dalam arah terbalik, yaitu menuju ventrikel kiri. Akibatnya, Anda akan merasa sangat lelah dan kehabisan napas. 

Dalam kasus ini, ventrikel kiri dipaksa untuk menahan lebih banyak darah, yang menyebabkan ventrikel semakin membesar dan melebar. Pada awalnya, pelebaran ventrikel kiri akan membantu, karena dapat mempertahankan aliran darah yang cukup dengan kekuatan yang lebih besar.    

Namun seiring waktu, ventrikel kiri yang melebar secara progresif akan membuat ventrikel semakin melemah dan menyebabkan gagal jantung. Kejadian ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita. Perubahan pada katup aorta dapat terjadi karena:

  • Kelainan jantung bawaan (sejak lahir).
  • Perubahan fungsi hati karena perubahan usia.
  • Endokarditis: infeksi di dalam jantung yang mempengaruhi katup.
  • Demam rematik: berasal dari radang tenggorokan yang tidak diobati.
  • Trauma: kerusakan pada aorta dekat katup aorta, seperti kerusakan karena cedera dada atau karena robekan di aorta.
  • Penyakit lainnya: sindrom marfan, autoimun, lupus, dll.

Pahami dengan seksama pengertian katup aorta, dan konsultasikan segera dengan dokter jika Anda mudah lelah, sesak napas, dan bengkak pada kaki dan pergelangan kaki. Karena ini merupakan gejala kelainan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *